Pada postingan kali ini saya akan sharing cara membuat perintah dari 
root ke dalam movie clip atau sebaliknya. Dalam flash, semua perintah 
atau script digunakan untuk properties object yang ada di root. Demikian
 pula dengan besaran atau variabel ada pada root dan berdeda atau tidak 
berhubungan dengan segala hal yang ada di dalam movie clip. Tidak bisa 
dihubungkan dengan cara biasa tetapi harus ada perintah khusus, begitu 
pula untuk perintah-perintahnya. Misalnya anda akan memerintahkan 
objek/mc di dalam mc untuk bergerak, sedangkan perintahnya ingin anda 
letakkan di root. Untuk kondisi sebalinya juga dapat dilakukan.
Untuk mempelajari postingan ini anda harus bisa mengunakan flash dengan drawing flashnya, bila tidak silahkan baca postingan saya ini. Selain itu anda harus memahami action script dasar flash dasar, bila tidak silahkan pelajari postingan saya ini.
Untuk memudahkan coba perhatikan ilustrasi dibawah ini :
Dalam
 ilustrasi diatas, root (stage utama) terdapat movie clip 1(mc1) dan 
mc2. Bila kita masuk ke dalam mc1 akan terdapat mca. Pada root, movie 
clip 1, movie clip 2 dan movie clip a masing - masing memiliki time line
 yang tidak saling berhubungan, demikian pula dengan segala yang 
berhubungan dengan action script. Misalnya kita memasang AS di time line
 root hanya bisa merubah properties mc 1 dan mc 2. Demikian pula dengan 
AS yang ada dalam time line mc1 hanya dapat mengubah properties pada mc a
 tanpa dapat merubah mc 2 yang ada di root.
Perintah untuk mca yang ada di dalam mc1 bisa dilakuakan dengan script berikut
Perintah untuk mc2 tetapi script ada di dalam mca bisa dilakuakan dengan script berikut
Sedangkan untuk menghentikan time line mc1 sedang script ada di mca dengan cara berikut.
Hal ini juga berlaku untuk variable, gunakan nama mc untuk mengunakan variable yang ada di dalam mc dan mengunakan "_parent untuk mengunakan variabel 1 tingkat diatasnya atau mengunakan "_root" untuk ke tingkat utamanya
Untuk lebih jelasnya silahkan mencoba membuat animasi dengan mengikuti langkah berikut.
- Buat gambar bola dengan ukuran 20x20 seperti pada animasi dibawah, kemudian ubah menjadi mc dengan klik kanan confert to symbol. Jangan lupa memberi nama instan (mis bola)
 - buat gambar kotak (ukuran dalam 120x120) yang mengelilingi bola  
seperti pada animasi dibawah. Kemudian kedua object (bola dan Kotak) di 
ubah menjadi mc dengan cara sama seperti langkah sebelumnya. Jangan lupa
 diberi instan name (mis kotak).
 - Gambar yang dibuat memiliki struktur bola menjadi seperti mca dan kotak seperti mc1.
 - Buat tombol dan masing masing diberi instan name atas, bawah, kiri dan kanan.
 - Pada time line root pasangkan AS seperti dibawah ininaik.onRelease = function() {
kotak.bola._y -= 10;
};
turun.onRelease = function() {
kotak.bola._y += 10;
};
kiri.onRelease = function() {
kotak.bola._x -= 10;
};
kanan.onRelease = function() {
kotak.bola._x += 10;
}; - Masuk ke dalam time line "kotak" dengan mendouble klik kotak dan 
selanjutnya clik mc bola dengan maksud akan memasang AS pada mc ini 
dengan script dibawah inionClipEvent (enterFrame) {
if (_x>50) {
_x = 50;
_parent._x += 10;
}
if (_x<-50) { _x = -50; _parent._x -= 10; } if (_y>50) {
_y = 50;
_parent._y += 10;
}
if (_y<-50) { _y = -50; _parent._y -= 10; } } - Simpan percobaan anda dan tekan ctrl-enter untuk mencobanya.
 
  Jakarta Time
0 comments :
Posting Komentar