4. Pemprograman Berorientasi Objek (Tutorial Visual Basic 2010)

Dalam tiga pelajaran pertama, Anda telah belajar bagaimana untuk memasukkan kode program dan menjalankan sampel VB2010 program tapi tanpa pemahaman banyak tentang logika pemrograman VB2010. Sekarang, mari kita turun untuk belajar beberapa aturan dasar tentang menulis kode program VB2010.

Pertama-tama, saya katakan bahwa meskipun VB2010 sangat mirip dengan VB6 dalam hal struktur Interface dan program, konsep dasar mereka sangat berbeda. Perbedaan utama adalah bahwa VB2010 adalah Bahasa Pemrograman Object Oriented penuh sementara VB6 mungkin memiliki kemampuan OOP, itu tidak sepenuhnya berorientasi objek. Dalam rangka memenuhi syarat sebagai bahasa pemrograman sepenuhnya berorientasi objek, ia harus memiliki tiga teknologi inti yaitu enkapsulasi, inheritance dan polymorphism. Ketiga istilah tersebut dijelaskan di bawah ini:

Encapsulation menunjuk pada penciptaan mandiri modul yang mengikat fungsi pemrosesan terhadap data. Ini user-defined tipe data disebut kelas. Setiap kelas berisi data serta seperangkat metode yang memanipulasi data. Komponen data dari sebuah kelas disebut variabel instan dan satu instance dari kelas adalah obyek. Sebagai contoh, dalam sistem perpustakaan, kelas bisa menjadi anggota, dan John dan Sharon bisa dua contoh (dua benda) dari kelas perpustakaan.

Inheritance s
Kelas dibuat menurut hirarki, dan warisan memungkinkan struktur dan metode dalam satu kelas yang akan diturunkan hirarki. Itu berarti kurang pemrograman diperlukan saat menambahkan fungsi untuk sistem yang kompleks. Jika langkah yang ditambahkan di bagian bawah hirarki, maka hanya proses dan data yang terkait dengan langkah unik perlu ditambahkan. Segala sesuatu yang lain tentang langkah yang diwariskan. Kemampuan untuk menggunakan kembali obyek yang sudah ada dianggap sebagai keuntungan utama dari teknologi objek.

Polymorphism
Pemrograman berorientasi obyek memungkinkan prosedur tentang objek yang akan dibuat yang tepat jenis tidak diketahui sampai runtime. Misalnya, kursor layar dapat berubah bentuk dari anak panah ke saluran tergantung pada modus program. Rutin untuk memindahkan kursor pada layar dalam menanggapi gerakan mouse akan ditulis untuk "kursor" dan polimorfisme kursor yang memungkinkan untuk mengambil apapun bentuk diperlukan pada saat runtime. Hal ini juga memungkinkan bentuk baru untuk dengan mudah diintegrasikan.

VB6 bukan OOP penuh dalam arti bahwa ia tidak memiliki kemampuan warisan meskipun dapat menggunakan beberapa manfaat dari warisan. Namun, VB2010 adalah berfungsi penuh Object Oriented Programming Language, seperti OOP lainnya seperti C + + dan Java. Hal ini berbeda dari versi sebelumnya dari VB karena lebih memfokuskan pada data itu sendiri sedangkan versi sebelumnya lebih fokus pada tindakan. Versi sebelumnya VB dikenal sebagai bahasa pemrograman prosedural atau fungsional. Beberapa bahasa pemrograman lain prosedural adalah C, Pascal dan Fortran.

VB2010 memungkinkan pengguna untuk menulis program yang terurai menjadi modul. Modul-modul akan mewakili objek dunia nyata dan tahu sebagai kelas atau jenis. Sebuah objek dapat diciptakan dari sebuah kelas dan dikenal sebagai sebuah instance dari kelas. Kelas A juga dapat terdiri dari subclass. Sebagai contoh, pohon apel merupakan subclass dari kelas tanaman dan apel di halaman belakang Anda adalah turunan dari kelas pohon apel. Contoh lain adalah siswa kelas adalah subclass dari kelas manusia saat Anda anak Yohanes adalah turunan dari kelas siswa.

Kelas A terdiri dari anggota data serta metode. Di VB2010, struktur program untuk mendefinisikan kelas Manusia dapat ditulis sebagai berikut:

Public Class Human
    'Data Members
    Private Name As String
    Private Birthdate As String
    Private Gender As String
    Private Age As Integer
    'Methods
    Overridable Sub ShowInfo( )
        MessageBox.Show(Name)
        MessageBox.Show(Birthdate)
        MessageBox.Show(Gender)
        MessageBox.Show(Age)
    End Sub
End Class

Setelah Anda membuat kelas manusia, Anda dapat membuat subclass yang mewarisi atribut atau data dari kelas manusia. Sebagai contoh, Anda dapat membuat kelas siswa yang merupakan subclass dari kelas manusia. Di bawah kelas pelajar, Anda tidak perlu mendefinisikan bidang data apa pun yang sudah didefinisikan dalam kelas manusia, Anda hanya perlu mendefinisikan bidang data yang berbeda dari sebuah instance dari kelas manusia. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin memasukkan StudentID dan Alamat di kelas siswa. Kode program untuk StudentClass adalah sebagai berikut:

Public Class Students
    Inherits Human
    Public StudentID as String
    Public Address As String
    Overrides  Sub ShowInfo( )
        MessageBox.Show(Name)
        MessageBox.Show(StudentID)
        MessageBox.Show(Birthdate)
        MessageBox.Show(Gender)
        MessageBox.Show(Age)
        MessageBox.Show(Address)
    End Sub

Kita akan membahas lebih lanjut tentang OOP dalam pelajaran nanti. Dalam pelajaran berikutnya, kita akan mulai belajar teknik pemrograman sederhana di VB2010

Sandi Permana
18113221
2KA39

Tulisan 5
Teori Organisasi Umum 1#
Budi Utami, S.E

0 comments :